Analisis Kepuasan Pasien Pengguna Pembayaran QRIS di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Koja

Authors

  • Dewi Surlialy Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Lily Widjaja Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Puteri Fannya Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Noor Yulia Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32504/sm.v20i2.1156

Keywords:

Kepuasan Pasien, End User Computing Satisfaction, QRIS

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang timbul setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapan. Tingkat kepuasan pasien sangat penting untuk menilai kualitas layanan dan memastikan kelangsungan serta peningkatan layanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk memahami alur transaksi menggunakan metode QRIS (Quick Response Indonesia Standard), karakteristik pasien yang menggunakan transaksi QRIS, dan kepuasan pasien yang menggunakan transaksi pembayaran QRIS di layanan rawat jalan Rumah Sakit Umum Koja menggunakan metode EUCS (End-User Computing Satisfaction).

Metode:
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan dari 106 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling non-probabilitas, khususnya sampling acak. 

Hasil:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alur transaksi pembayaran di Rumah Sakit Umum Koja sangat prospektif. Karakteristik pasien yang menggunakan metode QRIS didominasi oleh usia 26-35 tahun, perempuan, dengan pendidikan sarjana atau D4, bekerja sebagai karyawan swasta, dan memiliki pendapatan rata-rata lebih dari Rp. 4.901.798. Tingkat kepuasan pasien dalam layanan rawat jalan Rumah Sakit Umum Koja menunjukkan bahwa 59,4% pasien puas dengan aspek konten 59,4%; aspek akurasi 84,9%; aspek format 67,9%; aspek kemudahan penggunaan; dan 50,9% dengan aspek ketepatan waktu.

Kesimpulan: Secara keseluruhan, hasil menunjukkan bahwa sebagian besar pasien puas dengan penggunaan metode QRIS di Rumah Sakit Umum Koja, dengan persentase kepuasan sebesar 86,8%.

Author Biographies

Dewi Surlialy, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Lily Widjaja, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Puteri Fannya, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Noor Yulia, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

References

Bank Indonesia. (2014). Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/8/PBI/2014 tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money). Peraturan BI No 16/8/PBI /2014, 1–21.

Doll, W. J., & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 15, No.1.

Fatmaniawati. (2017). Analisis Penyebab Sistem Pembayaran Tunai Mendominasi Sistem Pembayaran Tunai Mendominasi Sistem Pembayaran Non Tunai (Studi Kasus Ginat Ekspres, Indomaret Dan Alfamart). November, 35–90.

Hasibuan, S. N. I. (2022). Analisis Transaksi Pembayaran Non Tunai Menggunakan Aplikasi QRIS Pada Masyarakat Kota Sibolga.

Hutabarat, V. Y. (2022). Pengaruh Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Produsen (Studi Kasus UKM Kota Medan).

Kumala, I., & Mutia, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi DOMPET Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 64–69.

Lestari, S. A. (2022). Analisis Preferensi Generasi Milineal Dalam Memutuskan Penggunaan Quick Response (QRIS) Sebagai Alat Pembayaran (Studi Kasus?: Pembeli Yang Melakukan Transaksi di Pasar Manis, Purwokerto Barat, Labupaten Banyumas).

Maharani, I. (2020). Kepuasan Pasien terhadap Aplikasi Pendaftaran Online Menggunakan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ) di RSUP Fatmawati. Esa Unggul, 1–13.

Mantik, H. (2021). Pengembangan Quick Response Code Indonesian Standard Menggunakan Metode Customer Presented Mode (QRIS-CPM) Studi Kasus PT MTI. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma.

Manurung, E. A. pinondang, & Lestari, E. A. P. (2020). Kajian Perlindungan E-Payment Berbasis Qr-Code Dalam E-Commerce. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 28. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24323

Munthe, N. S. (2019). Tingkat Kepuasan Pengguna OPAC Dengan Metode End User Computing Statispaction (EUCS) Di Perpuastakaan Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh.

Nainggolan, E. G. M., Silalahi, B. T. F., & Sinaga, E. M. (2022). Analisis Kepuasan Gen Z Dalam Menggunakan QRIS Di Kota Pematangsiantar. Manajemen?: Jurnal Ekonomi, 4(1), 24–32. https://doi.org/10.36985/manajemen.v4i1.351

Notoatmodjo, S. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan.

PADG Bank Indonesia. (2019). Peraturan Anggota Dewan Gubernur. Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 21/ 18 /Padg/2019 Tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code Untuk Pembayaran, 1–30.

Rahman, A. F. S. K., & Supriyanto. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Pada Masa Pandemi. INASJIF IndonesianScientific Journalof Islamic Finance, 1(1), 1–21.

Rahmi, N. I. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Banjarmasin Timur Terhadap Penggunaan QRIS. 1–13.

Sari, N. N., & Raya, F. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS Terhadap Kepuasan Transaksi (Studi Kasus Umkm Di Pasar Rangkasbitung). Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEMBAK), 1(3), 1–16.

Sekarsari, K. A. D., Indrawati, C. D. S., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Merchant di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 43–57.

Widyayanti, E. R. (2020). Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai ke Non-Tunai/Online Payment Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha (Studi pada UMKM di Yogyakarta). STIE Widya Wiwaha, 187–200.

Downloads

Published

2025-06-25

Issue

Section

Articles

Citation Check