Analisis Manajemen Penyelesaian Pending Klaim Kasus Fragmentasi di RSUD Budhi Asih

Authors

  • Rula Afrilia Padila Putri Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Muhammad Fuad Iqbal Universitas Esa Unggul, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32504/sm.v20i3.1219

Keywords:

Fragmentasi, Pending Klaim, Rawat Jalan, 5M

Abstract

Latar Belakang: Fragmentasi merupakan kondisi ketika pasien melakukan kunjungan rawat jalan berulang dengan diagnosis serupa dalam waktu kurang dari tujuh hari. Kasus ini sering menimbulkan masalah administratif karena sistem klaim BPJS Kesehatan menganggapnya sebagai satu episode pelayanan, sehingga berpotensi menimbulkan klaim pending. Akumulasi klaim pending ini berdampak pada keterlambatan pembayaran dan dapat meningkatkan beban keuangan rumah sakit.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain explanatory sequential. Data kuantitatif diambil dari klaim pending rawat jalan periode Mei–Juli 2023 di RSUD Budhi Asih, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara dengan petugas pendaftaran, koder, dan kepala rekam medis. Analisis dilakukan secara deskriptif serta diidentifikasi menggunakan pendekatan 5M (Man, Method, Machine, Money, dan Material).

Hasil : Ditemukan 31 kasus fragmentasi dari total 444 klaim pending rawat jalan dengan pola fluktuatif, dan puncak tertinggi pada Juni 2023 sebesar 11,1%. Faktor penyebab utama meliputi kurangnya pelatihan petugas, belum adanya SOP khusus, keterbatasan fitur SIMRS, keterlambatan pendanaan tahunan, serta ketidakpatuhan pasien terhadap jadwal kontrol. Kondisi ini menyebabkan keterlambatan pembayaran klaim dan meningkatkan beban finansial rumah sakit. 

Kesimpulan : Penyelesaian klaim pending dilakukan melalui peningkatan kompetensi SDM, perbaikan sistem informasi, serta penyusunan SOP dan koordinasi lintas unit. Dukungan pendanaan dan sistem digital yang berkelanjutan diperlukan agar RSUD Budhi Asih dapat menekan jumlah klaim pending dan meningkatkan efisiensi administrasi.

Author Biographies

Rula Afrilia Padila Putri, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Muhammad Fuad Iqbal, Universitas Esa Unggul

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan,

References

Afrriani Feni, Yani, N.A. dan Sugeng (2022) “Analisis Penyebab Pending Dan Tidak layak Berkas Klaim Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Nasional(Jkn) Di RS kia Sadewa Yogyakarta Tahun 2022,” Jurnal Permata Indonesia, 13(2), hlm. 107–115.

BPJS, 2014 (2014) “JUKNIS Verifikasi Klaim,” Direktorat Pelayanan, hlm. 5.

Creswell, J.W. dan Creswell, J.D. (2014) Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (5th ed.). 5 ed, Acht grafvondsten van de Veluwse klokbekergroep als uitgangspunt voor chronologische beschouwingen over de relaties saalisch-böhmische Schnurkeramik, Enkelgrafcultuur, Klokbeker-Oostgroep en Nederlands-Westduitse klokbekergroepen. 5 ed. Thousand Oaks: Barkhuis. Tersedia pada: https://doi.org/10.2307/j.ctt2204s7w.11

Faida dan Muhadi (2019) Dasar dan Organisasi Manajemen Unit kerja Rekam Medis, Bappeda.

Fitriyani, D. dan Wolor, C.W. (2023) “Analisis Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Dinda Fitriyani Christian Wiradendi Wolor Marsofiyati kesehatan yang cenderung mahal , sedangkan masyarakat yang berpenghasilan masih mengenai pelayanan rawat jalan kepada 20 pasien Rum,” Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan, 1(4), hlm. 107–118.

Harnaning, W. (2016) “( BPJS ) In Health With Business Process Reengineering Aprroach?: A Case Study At Government Hospital In,” 10, hlm. 9–17.

Hutauruk, P.M. dan Gurning, M.M.Br. (2019) “Faktor Faktor Penghambat-Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien BPJS Rawat Jalan Di Rumah Sakit Sari Mutiara, Lubuk Pakam Tahun 2019,” 4(2), hlm. 668–674.

Maisyarah, Fitria, F. dan Fajariyah, R. (2014) “Ruang Lingkup Administrasi Kebijakan Kesehatan,” Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat [Preprint], (70200121099).

Maulina, L. dan Setiya, P.A. (2021) Trend Pending Klaim Rawat Jalan BPJS Kesehatan RS. Panti Wilasa Dr. Cipto Semarang, Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan.

Pemprov DKI Jakarta (2016) “RSUD Budhi Asih Catatan Atas Laporan Keuangan,” 2021, hlm. 1–23.

Peraturan BPJS Kesehatan RI No 3 (2017) “Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan Dalam Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional,” Direktur Utama BPJS, 53(9), hlm. 1689–1699.

Permenkes RI. (2014) “Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Sistem INA CBGs.”

Permenkes RI (2020) “Permenkes No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit,” Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, (3), hlm. 1–80.

Permenkes RI (2021a) “Permenkes No 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan,” Permenkes 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (Ina-Cbg’S) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan, hlm. 1–56.

Permenkes RI (2021b) “Permenkes No 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan,” Permenkes 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (Ina-Cbg’S) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan, hlm. 1–56.

Permenkes RI (2022) “Permenkes 18,” Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Satu Data Bidang Kesehatan Melalui Sistem Informasi Kesehatan, (848), hlm. 1–11.

Perpres RI (2018) “Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan,” Undang-Undang, (1), hlm. 1–74.

Puspaningsih, M., Suryawati, C. dan Asro, S.P. (2022) “Evaluasi Administrasi Klaim BPJS Kesehatan Dalam Menurunkan Klaim Pending,” Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(1), hlm. 1–12.

Putra, D.H. dkk. (2023) “Faktor Yang Berpengaruh Dalam Penggunaan Sistem INA CBGs Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi,” 8(2), hlm. 156–164.

Rahayu, T., Mia, R.T. dan Lestariyowidodo, S. (2022) “KESANS?: International Journal Of Health and Science e-ISSN?: 0000, p-ISSN?: 0000,” 1(4), hlm. 22–27.

Rizaldi, Y. (2017) “Keterlambatan Pengajuan Klaim Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Kesehatan Di RSUD Blambangan Tahun 2017. 2018.,” Digital Repository Universitas Jember, hlm. 1–112.

Santosa, B.A. (2022) “Tinjauan Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya.”

Siswati (2018) “Manajemen Unit Kerja II, Perancangan SDM Unit Kerja RMIK,” 6(1), hlm. 51–66.

Sitorus, M.I. dkk. (2022) “Tinjauan Peranan Koder Dalam Pengajuan Berkas Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap Di RSUD DR. R.M. Djoelham Kota Binjai,” Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 7(1), hlm. 56–64.

Supriadi dan Putri Ifthitha A (2022) “Gambaran Umum Claim Return Rawat Jalan RS JKN X di.”

Tarigan Immanuel Natanael, Dwi, L.F. dan Surya, D.A. (2022) “Penundaan Pembayaran Klaim Jaminan Kesehatan Nasional Oleh Bpjs Kesehatan Di Indonesia: Sebuah Scoping Review,” Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 7(2), hlm. 108.

Wiguna, A.S. (2020) “Tinjauan Penyebab Unclaimed Berkas Pasien BPJS Pada Rawat Jalan,” Jurnal ilmiah perekam dan informasi kesehatan imelda, 5(1), hlm. 72–79.

Yastori (2022) “Aanalisis Kasus Pending Klaim Di Rumah Sakit,” hlm. 1–7.

Downloads

Published

2025-10-25

Issue

Section

Articles

Citation Check