Keefektifan pendidikan anti-bullying terhadap pengetahuan, sikap, dan self-efficacy pada guru di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32504/hspj.v4i2.256Keywords:
Anti-bullying education, knowledge, attitude, and self-efficacyAbstract
References
Ningrum AW, Christiana E, Nursalim M, Lukitaningsih R. Studi Tentang Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganan Oleh Guru BK. J UNESA. 2016;
Ayu Lestari D, Yusmansyah, Eka Andriyanto R. Analisis Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Bandar Lampung The Analysis of Students Bullying Behavior of SMA 15 Bandar Lampung. Univ Lampung. 2019; Maret.
UNICEF. Laporan Tahunan Indonesia 2015. Jakarta; 2016.
KPAI. KPAI Terima Aduan 26 Ribu Kasus Bully Selama 2011-2017. 2017.
Octavianto M. Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. J Ris Mhs Bimbing dan Konseling,. 2017;3(8):376-385.
Putri HN, Nauli FA, Novayelinda R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. JOM. 2015;2(37):1–31.
Zakiya, Maiza. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;3(2):356.
Wakhid A, Andriani NS, Saparwati M. Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. J Keperawatan Jiwa. 2019;5(1):25.
Yandri H. Peran Guru BK/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. J Pelangi. 2014;7(1):97–107.
Subianto J. Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia J Penelit Pendidik Islam. 2013;8(2):331–54.
Mandiri JA. Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Atas Di SD Muhammadiyah 6 Surakarta. Univ Nusant PGRI Kediri [Internet]. 2017;01:1–7. Available from: http://www.albayan.ae
Sitasari NW. Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. J Psikol. 2017; 15(2):40.
Ulya Z. Efektivitas Pelatihan “Care Teacher, Fight Bullying†untuk Meningkatkan Keterampilan Pembinaan Bullying pada Guru Sekolah Dasar. Anal J Magister Psikol UMA. 2019;11(2):144.
Chen L, Sung Y, Cheng W. How to Enhance Teachers’ Bullying Identification: A Comparison Among Providing A Training Program, A Written Definition, And A Definition with A Checklist Of Bullying Characteristics. Asia-Pacific Educ Res. 2017;26(6):351–9.
Gibson, S., & Dembo MH. Teacher efficacy: A construct valida tion. J Educ Psychol. 1984; 76(4):569–82.