-
Quick Menu
Author Guidelines
Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia
(Judul ditulis dengan huruf capital pada awal kata selain kata penghubung, Cambria, 16 pt, 1.15 spasi. Maksimal berisi 12 kata)
Nama penulis1, Nama Penulis2
1Program Studi, Fakultas, Universitas, Jalan No.., Kota, Provinsi, Kode Pos, Negara
2 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Jalan Ringroad Selatan Blado Potorono Banguntapan Bantul Yogyakarta
*Penulis Koresponden, e-mail: Rahmihidayati54@gmail.com. HP yang dapat dihubungi
Â
(Awal nama penulis ditulis dengan huruf kapital, Cambria, 11 pt, 1 spasi)
(aviliasi/institusi dituliskan ke bawah dengan penanda 1, 2, … dst untuk penulis lebih dari satu. Jika penulis hanya satu, cukup dituliskan tanpa penanda 1, 2, Ditulis dengan Cambria 10 pt, 1 spasi)
Â
Â
ABSTRAK
Abstrak ditulis dalam satu alenia dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf Cambria 11 pt, 1 spasi. Abstrak merupakan intisari semua kandungan makalah. Abstrak mencakup tujuan, metode pelaksanaan, dan hasil yang dicapai. Abstrak tidak lebih dari 250 kata.
Kata Kunci : kata kunci terdiri dari tiga sampai lima kata yang dipisahkan dengan tanda koma (,).
ABSTRACT
Abstract is written with one alenia both in Indonesian and English with Cambria 11 pt, and 1 spaced. It is the essence of the paper. Abstract includes the purpose, method, and result. Abstract should not exceed 250 words.
Keywords : Give at least 3 keywords and not more than 5 keywords, all keywords are separated by comma (,)
PENDAHULUAN
Abdimas Humanism menerbitkan memuat tulisan-tulisan pengabdian  pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Artikel belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Artikel yang kirimkan pada Jurnal Abdimas Humanism harus terhindar dari unsur plagiasi.
Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia. Penulisan menggunakan MS Word, tipe Font yang digunakan untuk artikel adalah Cambria ukuran 12 pt spasi 1,5. Artikel dicetak pada kertas berukuran A4 dengan batas marjin atas, bawah dan kanan 2,5 cm dan marjin kiri 3,0 cm. Artikel dituliskan tepi kanan dan kiri rata (justified), dan jorokan awal paragraf (first line).
Tiap halaman harus diberi nomor halaman yang diletakkan di tengah bawah. Header untuk halaman ganjil adalah “Humanism: Journal Of Community Empowerment “volume xx No xx bulan xx tahun xxxx†sedangkan header untuk halam genap adalah “5 kata awal judul artikel (nama penulis)â€. Header dituliskan dengan Cambria 10 pt italic. Jika artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dan terdapat kata dalam bahasa asing di dalam naskah, maka kata tersebut dinyatakan dalam tulisan miring.
Bagian pendahuluan ini menyajikan uraian masalah atau alasan mengapa pengabdian kepada masyarakat tersebut dilaksanakan. Jika kegiatan tersebut merupakan pengulangan ataupun pemodifikasian mohon dijelaskan argumentasinya, mengacu pada pustaka yang menjadi landasan atau alasan pengabdian pada masyarakat. Kemukakan tujuan program dan kegunaan program serta target dan luaran. Jika terdapat lebih dari satu tujuan maka penomorannya menggunakan angka (1, 2, 3, dst..) dan tidak menggunakan symbol/bullet.
METODE PELAKSANAAN
Bagian metode pelaksanaan ini memberikan informasi yang lengkap bagaimana kegiatan dilakukan, mulai dari waktu, lama, tempat, penggunaan alat dan bahan. Cara kerja dan analisa data ditulis secara jelas dan ringkas.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini menjelaskan secara ringkas mengenai apa saja yang diperoleh dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang memuat validitas hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, hubungannya dengan hasil pengabdian yang pernah dipublikasikan, serta mengarah pada pengambilan kesimpulan. Perlu diperhatikan dalam bagian ini adalah: data terkait dengan tujuan pengabdian kepada masyarakat, data yang tidak perlu jangan ditampilkan
Untuk data dalam bentuk tabel, penyajiannya agar menggunakan format tabel seperti contoh Tabel 1. Tabel diberi judul. Judul diletakkan di atas tabel. Tabel dibuat center dan diacu pada naskah. Jika terdapat lebih dari satu tabel maka tabel diberi nomor misalnya Tabel 1, Tabel 2, dan seterusnya.
Jika data hanya dapat disajikan pada suatu tabel lebar dan tidak mungkin dimuat dalam satu kolom dari format halaman 2 kolom, maka tabel dapat disajikan dalam format halaman satu kolom.
Tabel 1. Persentase Laki-Laki dan Perempuan
Jenis Sekolah |
Laki-Laki (%) |
Perempuan (%) |
SMU |
60 |
40 |
SMK Bisnis |
30 |
70 |
SMK TI |
50 |
50 |
Jika terdapat gambar maka penyajiannya dibuat center dan diacu dalam naskah. Gambar diberi judul. Judul diletakkan di bawah gambar seperti contoh Gambar 1. Jika terdapat lebih dari satu gambar maka gambar diberi nomor misalnya Gambar 1, Gambar 2, dan seterusnya.
Gambar 1.
Jika memungkinkan, gambar dalam format file gambar (jpeg) dapat disertakan dalam file terpisah untuk mempermudah penyuntingan gambar.
Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka mengikuti cara Harvard. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.
Sistem Harvard menggunakan nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan).
Berikut diberikan beberapa contoh melakukan perujukan sumber pustaka dalam naskah tulisan. “Widodo (2011) menyatakan bahwa kemampuan memecahkan masalah adalah kemampuan untuk menyelsaikan masalah dengan menggunakan langkah-langkah yang terstrukturâ€. “Keberhasilan proses belajar mengajar antara lain dipengaruhi oleh kesesuaian antara materi pelajaran dan tingkat kemampuan berfikir siswa (Syahbana, 2010).
KESIMPULAN
Simpulan dituliskan secara kritis, cermat, logis dan jujur berdasarkan fakta yang diperoleh. Saran berkait dengan pelaksanaan atau hasil Pengabdian kepada Masyarakat, Saran jangan terkesan mangada-ada.
REKOMENDASI
Tuliskan rekomendasi berdasarkan hasil pengabdian di sini.
UCAPAN TERIMAKASIH
Ucapan terimakasih disampaikan kepada 1) pihak yang sepantasnya menerima ucapan tersebut, 2) Kepada lembaga atau orang yang benar-benar membantu Pengabdian kepada Masyarakat., 3) Kepada pemberi dana, fasilitas, bahan, atau saran.
DAFTAR PUSTAKA
Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan buku). Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.
Referensi dan citasi ditulis mengikuti APA 6th Edition (American Psychological Association) (http://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/02/). Tahun rujukan diusahakan tidak lebih dari 10 tahun. Format penulisan yang digunakan di jurnal Teknik adalah sesuai dengan format. Antar sumber referensi diberikan satu baris kosong.
Buku:
Freudenthal, H. (1991). Revisiting Mathematics Education. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. (1982). Surabaya: Usaha Nasional
Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:
Prahmana, R.C.I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Unpublished Thesis. Palembang: Sriwijaya University.
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Published Dissertation. Enschede: University of Twente.
Prahmana, R.C.I., Hendrik, Sopaheluwakan, A, van Groesen, B. (2008). Numerical Implementation of Linear AB-Equation Model using Finite Element Method, Technical Report. Bandung: LabMath-Indonesia
Simposium, Prosiding, Konferensi:
Cobb, P. (1994). Theories of Mathematical Learning and Constructivism: A Personal View. Paper presented at the Symposium on trends and perspectives in mathematics education, Institute for mathematics, University of Klagenfurt, Austria.
Prahmana, R.C.I. (2013). Designing Division Operation Learning in The Mathematics of Gasing. Proceeding in The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2013, 391-398. Palembang: Sriwijaya University
Artikel Jurnal:
Stacey, K. (2010). The View of Mathematical Literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2 (2), 1-24. Palembang: IndoMS.
Buku yang terdiri dari beberapa artikel:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke-4, cetakan ke-1). Malang: UM Press.
Russel, T. (1998). An Alternative Conception: Representing Representation. In P.J. Black & A. Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science, 62-84. London: Routledge.
Artikel Koran:
Pitunov, B. (13 December 2002). Sekolah Unggulan ataukah Sekolah Pengunggulan? Majapahit Pos, page 4 & 11.
Artikel Koran (tanpa nama penulis):
Jawa Pos. (22 April 1995). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, page 3.
Dokumen Resmi:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT. Armas Duta Jaya
Internet:
Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996
Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000
Wilson, D. (20 November 1995). Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995