MEMPERKUAT BISNIS LOKAL MELALUI KREATIVITAS DIGITAL: PELATIHAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PELAKU UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32504/hjce.v6i2.1124Keywords:
Bisnis Lokal, Digital Marketing, Media SosialAbstract
Peningkatan daya saing dan keberlanjutan bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi prioritas dalam era digital ini. Artikel ini mendokumentasikan sebuah pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkuat bisnis lokal di Padukuhan Benyo, Sendangsari, Bantul, DIY melalui penerapan kreativitas digital. Pelatihan teknik foto produk, pembuatan poster, dan pengelolaan media sosial diadakan sebagai upaya untuk memberdayakan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan potensi digital dalam pemasaran dan promosi. Pelatihan ini melibatkan 30 peserta dari berbagai usaha mikro kecil dan menengah di wilayah Padukuhan Benyo. Peserta diperkenalkan dengan konsep
dasar fotografi produk, desain grafis untuk poster promosi, serta strategi pengelolaan media sosial, dengan fokus pada platform Instagram. Para peserta aktif erlibat dalam sesi praktis dan diskusi interaktif untuk mengasah keterampilan mereka dalam menciptakan konten visual yang menarik dan efektif. Setelah mendapatkan materi penguatan UMKM, peserta menyatakan lebih semangat untuk menggunakan teknologi digital guna memperkuat bisnis mereka.
References
Alimudin, A., & Purwantoro, G. (2022). Digital Marketing untuk UMKM. Surabaya: Narotama University Press.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, A., & Alhifni, A. (2022). Peningkatan Kemandirian UMKM Melalui
Pengembangan Digital Marketing dan Pelatihan Keterampilan Usaha. ALMUJTAMAE, 201-207.
Maelana, H. W., Wijayanti, I. D., Murdapa, P. A., Purwanta, & Wahyudiyono. (2023). Pelatihan Digital Marketing, Teknik Foto Produk dan Pengolahan Minyak Jelantah di Dukuh Srumbung, Kalurahan Segoroyoso, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY. HIKMAYO, 70 - 88.
Mukhlis, I. R., Ratnawita, Oktaviani, D., Solihin, D. A., Agustiani, I. N., Akrom, N. K.,
Riana, N. (2023). Digital Marketing Strategy: Panduan Praktis & Strategi Pemasaran Digital Terkini. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurlaily, F., Asmoro, P. S., & Aini, E. K. (2021). Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi, 347 -356. Raniya, R. F., Lubis, P. H., Kesuma, T. M., Tabrani, M., &
Nizam, A. (2024). Dampak Social Media Marketing dalam Kepercayaan Konsumen. aceh: Syiah Kuala University Press.
Ratnasari, I., Arnu, A. P., & Hannie. (2021). Digital Marketing Pada Start Up dan UMKM: Praktik Melakukan Pemasaran Berbasis Digital Menuju UMKM Tangguh, Kompetitif dan Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Absolute Media
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yuliantoharinugroho, Purnama Andri Murdapa, Sri Wahyuning, Himawan Agung Nugroho, Luluk Priyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Surya Medika berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.