ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING SISWA SMK AMANAH HUSADA YOGYAKARTA

Authors

  • Maryani Maryani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global, Indonesia
  • Risa Arroyyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global, Indonesia
  • Pipin Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32504/hjce.v7i2.1329

Keywords:

Berbicara, Bermain peran, Keperawatan, Komunikasi Medis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK dalam konteks bahasa Inggris keperawatan melalui penerapan metode role play. Metode ini dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, komunikatif, dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan di SMK Amanah Husada Yogyakarta dengan melibatkan siswa kelas XII jurusan keperawatan. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan contoh percakapan yang berkaitan dengan situasi medis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa partisipasi dan antusiasme siswa meningkat secara signifikan. Mereka mampu menggunakan frasa dan ekspresi yang sesuai dengan konteks komunikasi medis, serta menunjukkan peningkatan dalam kelancaran berbicara. Selain itu, respon siswa terhadap metode role play sangat positif; mereka merasa lebih percaya diri dan memahami pentingnya keterampilan speaking dalam dunia kerja keperawatan. Secara umum, kegiatan ini berhasil meningkatkan performa berbicara siswa, baik dari segi struktur bahasa maupun keberanian untuk berkomunikasi

Author Biographies

Maryani Maryani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global

Program Studi Keperawatan

Risa Arroyyani, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global

Program Studi Keperawatan

Pipin Nurhayati, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global

Program Studi Keperawatan

References

Apichat, B., Fatimah, N., 2022. Students’ difficulties in learning English speaking: A case study in a Muslim high school in the South of Thailand. Teach English as a Foreign Lang. J. 1, 13–22. https://doi.org/10.12928/tefl.v1i1.162

Ayuningtias, D.O., Wulandari, W., Yana, Y., 2019. The Use Of Role Play To Improve Students’ Speaking Skill. J. PRJ 2, 416. https://doi.org/10.22460/project.v2i3.p416-420

Henisah, R., Margana, M., Putri, R.Y., Khan, H.S., 2023. Role Play Technique to Improve Students’ Speaking Skills. IJ-CSE 2, 176–182. https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i3.618

Jusuf, S.H., Fatsah, H., Dako, R.T., 2021. Students’ Performance In Speaking English (A Case Study on Students’ Poor Performance in Speaking English).

Kim, T.P., 2023. Reviewing the Significance of Practice in Learning English as a Second Language: Challenges, Impacts, and Strategies. JKLST 2. https://doi.org/10.60087/jklst.vol2.n2.p.67

Neupane, B., 2019. Effectiveness of Role Play in Improving Speaking Skill. Jnl. NELTA Gandaki 1, 11–18. https://doi.org/10.3126/jong.v1i0.24454

Salsabila, U.H., Sofia, M.N., Seviarica, H.P., Hikmah, M.N., 2020. Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insania?: J. Pemikir. Alternatif Kependidikan 25, 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Articles

Citation Check