ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING SISWA SMK AMANAH HUSADA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32504/hjce.v7i2.1329Keywords:
Berbicara, Bermain peran, Keperawatan, Komunikasi MedisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK dalam konteks bahasa Inggris keperawatan melalui penerapan metode role play. Metode ini dipilih karena dinilai mampu memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, komunikatif, dan menyenangkan bagi siswa. Kegiatan dilaksanakan di SMK Amanah Husada Yogyakarta dengan melibatkan siswa kelas XII jurusan keperawatan. Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan contoh percakapan yang berkaitan dengan situasi medis. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa partisipasi dan antusiasme siswa meningkat secara signifikan. Mereka mampu menggunakan frasa dan ekspresi yang sesuai dengan konteks komunikasi medis, serta menunjukkan peningkatan dalam kelancaran berbicara. Selain itu, respon siswa terhadap metode role play sangat positif; mereka merasa lebih percaya diri dan memahami pentingnya keterampilan speaking dalam dunia kerja keperawatan. Secara umum, kegiatan ini berhasil meningkatkan performa berbicara siswa, baik dari segi struktur bahasa maupun keberanian untuk berkomunikasi
References
Apichat, B., Fatimah, N., 2022. Students’ difficulties in learning English speaking: A case study in a Muslim high school in the South of Thailand. Teach English as a Foreign Lang. J. 1, 13–22. https://doi.org/10.12928/tefl.v1i1.162
Ayuningtias, D.O., Wulandari, W., Yana, Y., 2019. The Use Of Role Play To Improve Students’ Speaking Skill. J. PRJ 2, 416. https://doi.org/10.22460/project.v2i3.p416-420
Henisah, R., Margana, M., Putri, R.Y., Khan, H.S., 2023. Role Play Technique to Improve Students’ Speaking Skills. IJ-CSE 2, 176–182. https://doi.org/10.56855/ijcse.v2i3.618
Jusuf, S.H., Fatsah, H., Dako, R.T., 2021. Students’ Performance In Speaking English (A Case Study on Students’ Poor Performance in Speaking English).
Kim, T.P., 2023. Reviewing the Significance of Practice in Learning English as a Second Language: Challenges, Impacts, and Strategies. JKLST 2. https://doi.org/10.60087/jklst.vol2.n2.p.67
Neupane, B., 2019. Effectiveness of Role Play in Improving Speaking Skill. Jnl. NELTA Gandaki 1, 11–18. https://doi.org/10.3126/jong.v1i0.24454
Salsabila, U.H., Sofia, M.N., Seviarica, H.P., Hikmah, M.N., 2020. Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Insania?: J. Pemikir. Alternatif Kependidikan 25, 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Maryani Maryani, Risa Arroyyani, Pipin Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ketentuan legal formal untuk akses artikel digital jurnal elektronik ini tunduk pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA), yang berarti Jurnal Surya Medika berhak menyimpan, mengalih media/format-kan, mengelola dalam bentuk pangkalan data (database), merawat, dan mempublikasikan artikel tanpa meminta izin dari Penulis selama tetap mencantumkan nama Penulis sebagai pemilik Hak Cipta.
