Implementasi pelayanan lanjut usia Puskesmas Mergangsan

Authors

  • Woro Ispandiyah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global, Indonesia
  • Sri Sularsih Endartiwi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32504/hspj.v8i1.957

Keywords:

Implemenetasi, Pelayanan, Lansia, Puskesmas

Abstract

Peningkatan jumlah lansia di Yogyakarta menjadikan perhatian pemerintah dengan berbagai peraturan yang dikeluarkan sebagai jaminan kesehatan lansia. Kebijakan tersebut salah satunya diimplementasikan dalam Puskesmas sebagai pemberi pelayanan lansia terintegrasi. Puskesmas Mergangsan Yogyakarta menjalan pelayanan lansia. Namun pada masa Endemi Covid-19 mengalami penurunan capaian. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi kebijakan pelayanan lanjut usia masa endemi Covid-19 di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan desain konvergen. Studi Kuantitaf dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 pasien lanjut usia yang berkunjung di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta. Studi kualitatif dilakukan dengan wawancara pada informan terdiri 1 penanggung jawab program, 1 pelaksana lapangan dan 3 pasien lansia. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa mayoritas pasien lansia merasakan kepuasan dalam mendapatkan layanan lansia dan sejalan dengan hasil study kualitatif yang mana implementasi kebijakan pada masa endemi covid-19 sudah dilakukan dengan baik, walaupun masih terdapat pasien yang kurang tertib dalam melaksanakan peraturan baru dan terlibat aktif dalam kegiatan skrining kesehatan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya implementasi kebijakan lansia integrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan lansia dan kualitas kesehatan untuk lansia di Puskesmas.

Author Biographies

Woro Ispandiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global

Prodi Kesehatan Masyarakat

Sri Sularsih Endartiwi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global

Prodi Kesehatan Masyarakat

References

BPK, “Undang-undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” 2009. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38778/uu-no-36-tahun-2009

BPS, “Statistik Lanjut Usia,” 04200.2125, 2021. https://www.bps.go.id/id/publication/2021/12/21/c3fd9f27372f6ddcf7462006/statistik-penduduk-lanjut-usia-2021.html

F. Hayati and L. Murni, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Lansia ke Posyandu Lansia dimasa New Normal Covid-19,” Pros. Semin. Kesehat. Perintis E, vol. 4, no. 2, pp. 2622–2256, 2021.

I. Aistyawati, “Analisis Implementasi Kebijakan Program Puskesmas Santun Lanjut Usia di Puskesmas Mijen Kota Semarang,” Adm. Publik, 2016.

“PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA.”

K. Ginting, H. Manik, A. Julianto, H. Wani, and M. T. Rahmadi, “Analisis Penyebaran Virus COVID-19 di Kota Cirebon Menggunakan ArcGIS,” El-Jughrafiyah, vol. 3, no. 1, p. 38, 2023, doi: 10.24014/jej.v3i1.21779.

Puskesmas Mergangsan, “Laporan kinerja Puskesmas Mergangsan.”

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung, 2014.

Permenkes nomor 52, “Indonesian Case Based Groups (INA-CBG’s) dan non Indonesian Case Based,” Peratur. Menteri Kesehat. Republik Indones. Nomor 52 Tahun 2016 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehat. Dalam Penyelenggaraan Progr. Jaminan Kesehat., 2016.

S. R. I. LESTARI, “Studi Implementasi Kebijakan Pelayanan Kesehatan Lansia di Puskesmas Mantrijeron Kota Yogyakarta,” p. 2018, 2018, [Online]. Available: http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/167116

K. Y. Trisiani, K. A. Suarmini, L. A. Dwijayanti, and P. D. P. K. Dewi, “Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Lansia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng I,” J. Keperawatan dan Kesehat. Masy. Cendekia Utama, vol. 12, no. 1, p. 28, 2023, doi: 10.31596/jcu.v12i1.1418.

M. Khozin and N. F. Mutmainah, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron),” J. Manaj. Pelayanan Publik, vol. 1, no. 2, p. 143, 2019, doi: 10.24198/jmpp.v1i2.18452.

M. M. S, M. Murtini, and H. Haslinda, “Kepuasan Pasien pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas,” J. Ilmu Kesehat. Masy., vol. 12, no. 03, pp. 238–245, 2023, doi: 10.33221/jikm.v12i03.1853.

D. N. Walukow, A. A. Rumayar, G. D. Kandou, F. Kesehatan, M. Universitas, and S. Ratulangi, “Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa,” Kesmas, vol. 8, no. 4, pp. 62–66, 2019.

M. Mampa, R. Wowor, and A. J. M. Rattu, “Analisis Penerapan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia di Puskesmas Pineleng pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Kesmas, vol. 11, no. 4, pp. 7–13, 2022.

Downloads

Published

2024-04-26

Issue

Section

Articles

Citation Check